Generasi milenial dinilai sulit untuk bisa memiliki hunian pribadi, bila Anda membaca kajian situs rumah123, diperkirakan hingga tahun 2020 baru 5 persen dari warga Indonesia kelahiran 1982 – 1995 akan berhasil membeli properti pribadi. Jika dicermati ada beberapa kendala yang dirasa mempengaruhi generasi ini sulit untuk miliki rumah, seperti tingkat konsumtif generasi milenial cukup lah tinggi. Beberapa dari mereka lebih memilih untuk lebih sering traveling, memiliki gawai yang lebih canggih, atau memiliki kendaraan pribadi dibanding memiliki rumah.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda generasi milenial yang ingin memiliki hunian pribadi, berikut beberapa tips untuk Anda para milenial yang ingin memiliki hunian pribadi :

1. Menabung untuk Down Payment (DP)

Untuk membayar down payment, maka Anda harus menyiapkan dana. Uang tersebut dapat dikumpulkan melalui produk tabungan berjangka yang kini disediakan oleh perbankan, jangka waktunya pun dapat disesuaikan dengan tujuan menabung Anda. Tak hanya tabungan berjangka, masih banyak instrumen lain untuk menabung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang.

2. Meriset harga rumah

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya bahwa Anda mengetahui harga properti di sekitar kawasan yang Anda inginkan. Hal ini akan sangat membantu Anda terutama bila anggaran yang Anda miliki terbatas, dan juga agar Anda tidak rugi ataupun tertipu dengan harga beli hunian tersebut.

3. Maksimalkan fasilitas KPR

Anda bisa memanfaatkan program KPR yang sesuai dengan kemampuan. Saat ini, bank memberi pinjaman KPR maksimal dalam jangka waktu 25 tahun. Jadi bagi Anda yang masih berusia dibawah 30 tahun bisa memanfaatkan masa tenor sepanjang itu. Anda juga dapat memanfaatkan cicilan KPR spesial dari Griyo Mapan Santoso yaitu mulai sebesar 5,35%. Cicilan ini dapat digunakan untuk membeli semua produk properti yang ditawarkan oleh Griyo Mapan Santoso.

Sumber : https://www3.moneysmart.id/tips-beli-rumah-untuk-generasi-milenial/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *