Bagi Anda yang sedang gencar berencana membeli rumah, istilah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) barangkali sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa harga properti/rumah selalu naik dari tahun ke tahun. Harga ini menjadi lebih fantastis lagi apabila rumah yang diinginkan berada di tengah kota. Oleh karena itu, opsi KPR menjadi pilihan yang menggiurkan dan dirasa realistis mengingat kemampuan setiap orang dalam membeli rumah berbeda-beda.

Dikutip dari Cermati.com, KPR adalah jasa kredit jangka panjang yang diberikan oleh bank kepada peminjam untuk membeli atau mendirikan rumah. Dalam penggunaan KPR, masa pelunasan pembayaran rumah dapat dilunasi dalam jangka waktu cukup lama dan sifatnya fleksibel, yaitu dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Melalui KPR, proses pembayaran menjadi lebih ringan dan gampang. Anda cukup menyiapkan dana sebesar uang muka yang disyaratkan.

Nah, bagi Anda yang masih awam dengan sistem KPR, berikut beberapa tips agar Anda tidak salah dalam memilih KPR.

Cari tahu informasi mengenai bank dan produk KPR

Ada banyak sekali bank di Indonesia yang menawarkan produk KPR. Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah meluangkan waktu untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan setiap penawaran bank tersebut. Rekomendasi dari teman mungkin bisa membantu, tetapi Anda perlu mengkroscek langsung agar mendapatkan informasi seakurat mungkin.

Ketahui tentang jenis dan perhitungan bunga

Orang yang masih awam sering tidak familiar dengan jenis-jenis bunga bank serta cara penghitungannya. Saat ini, bank mengenal tiga metode penghitungan bunga, yaitu bunga tetap (fixed), efektif (effective), dan anuitas (annuity). Sementara mengenai jenis bunga, kita mengenal bunga tetap (fix rate) dan bunga mengambang (floating rate). Bunga mengambang ini mengikuti pergerakan suku bunga di pasaran. Artinya, suka bunga tersebut mengikuti suka bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Hitung dan buat simulasi cicilan

Biasanya, nasabah sering mengetahui angka bunganya saja, tapi tidak menghitung cicilan sebenarnya. Pastikan Anda bertanya atau memakai simulasi perhitungan cicilan KPR yang harus dibayarkan. Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan KPR Simulator yang disediakan di website Griyo Mapan Santoso.

Pilih cicilan spesial 5,35% dari Griyo Mapan Santoso

Anda tentu berharap bisa membeli rumah idaman dengan strategi pendanaan yang terbaik. Untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari, maka pilihlah program KPR yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Umumnya, angka maksimum yang bisa Anda anggarkan untuk membayar cicilan adalah 30% dari total pendapatan. Nah, Anda dapat memanfaatkan cicilan KPR spesial dari Griyo Mapan Santoso yaitu mulai sebesar 5,35%. Cicilan ini dapat digunakan untuk membeli semua produk properti yang ditawarkan oleh Griyo Mapan Santoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *