Dua pertimbangan utama sebelum memutuskan membeli rumah adalah rumah tersebut harus bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Hal ini tentu saja tidak hanya terbatas pada sistem keamanan yang bagus atau adanya spot-spot yang mendukung produktivitas kerja, melainkan juga adanya fasilitas-fasilitas lain yang bisa menciptakan perasaan aman dan nyaman bagi si kecil.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, anak-anak semestinya tetap bisa tumbuh dan berkembang secara alami. Anak harus mendapatkan ruang untuk bermain di luar ruangan untuk melatih kemampuan motorik dan sistem koordinasinya, mengenal fairplay, serta wadah berinteraksi dengan sekitar. Jangan sampai si kecil terlalu sering menghabiskan waktu di depan layar sehingga membuatnya jadi kecanduan gadget. Untuk menunjang kebutuhan sosial si kecil, hunian yang dipilih sudah semestinya memiliki kriteria seperti berikut ini:

a. Lingkungan yang aman

Selain beraktivitas di luar, anak kecil pasti senang menghabiskan waktu di luar. Sebagai orang tua, agar kita tidak khawatir membiarkan anak-anak bermain di luar ruangan, pilih hunian yang keamanannya terjamin selama 24 jam. Lingkungan yang aman juga akan membuat anak-anak lebih tenang untuk mengeksplorasi dunianya.

b. Taman bermain

Hunian yang ideal untuk si kecil adalah hunian yang dekat dengan taman bermain. Di tempat ini, si kecil bisa menghabiskan waktunya untuk memperkuat hubungan dengan Anda sekaligus berinteraksi dengan teman sebayanya yang lain.

c. Tempat berekreasi alam

Sesekali, si kecil juga harus diajak berekreasi ke alam. Aktivitas ini selain bisa melatih sensorik dan motoriknya juga sebagai cara untuk mengenalkan anak pada alam. Memilih hunian yang punya fasilitas rekreasi alam akan semudah mengajaknya berjalan ke luar rumah. Anda bisa meluangkan waktu berinteraksi bersama si kecil sambil duduk di tepi danau dan menghirup udara yang menyejukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *