Menyisihkan uang untuk berinvestasi di bidang properti merupakan ‘cara menabung’ terbaik di zaman modern ini. Seperti yang kita semua tahu, investasi properti mempunyai banyak keuntungan, seperti harga properti yang hampir selalu meningkat, bisa dijual kembali dengan risiko kerugian yang rendah, dapat disewakan, dan masih banyak keuntungan yang lain. Hal ini lah yang mendorong produser muda Ernest Prakasa untuk memilih berinvestasi properti.

Mengutip ulasan portal berita online Tempo.com, Ernest Prakasa membagikan tips berinvestasi properti untuk generasi muda yang peduli dengan masa depannya. Tips pertama adalah cari tempat yang strategis, contohnya di tengah kota. Bisa juga tempat yang masih dalam proses pengembangan. Hal ini berguna apabila suatu saat aset tersebut hendak dijual atau dikontrakkan.

Tips kedua adalah mengatur budgeting. Ketika memilih untuk berinvestasi, artinya kita harus berkomitmen kepada diri sendiri untuk disiplin menyisihkan sejumlah uang secara kontinyu. Ini sudah harus direncanakan di awal. Kalau perlu, kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada developer terpercaya terkait dengan opsi pembayaran. Jangan sampai kita kelabakan di akhir karena kurangnya perencanaan budget secara tepat.

Tips terakhir ialah memilih waktu yang tepat untuk membeli properti. Buy in the right time and the right place. Kadang kita sibuk melakukan perbandingan harga di sana-sini dengan harapan bisa mendapatkan penawaran yang lebih murah lagi. Padahal, sadar atau tidak, ada orang lain yang juga mengincar properti yang sama. Tampaknya peribahasa ‘siapa cepat dia dapat’ cocok disematkan dalam kondisi ini. Ernest sendiri menyarankan supaya apabila harganya sudah cocok dan dana sudah ada, maka pilih waktu pembelian yang disesuaikan dengan nilai tukar mata uang asing.

Sebagai generasi muda, sudah saatnya kita merencanakan masa depan mulai dari sekarang. Jangan hamburkan uang untuk berinvestasi pada sesuatu yang nilai jualnya rendah. Pilihlah dengan cermat agar hasilnya tidak mengecewakan.

Source:

https://gaya.tempo.co/read/1236400/3-tips-investasi-properti-dari-ernest-prakasa