Meski punya rumah minimalis, tapi jangan jadikan alasan untuk tidak memaksimalkan setiap sudut ruangan menjadi fungsional. Ada bisa menerapkan konsep Mezzanine! Konsep yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan  tersebut bisa menjadi solusi. Selain dapat merubah setiap sudut ruangan menjadi fungsional, konsep ini dinilai dapat mengubah interior rumah Anda menjadi lebih menarik.

Melansir dari harianterbit.com, konsep ini sederhananya merupakan ekstensi yang dibangun di antara lantai dasar dan plafon. Area yang bersifat portabel dengan material nonsemen ini dibangun untuk berbagai macam kebutuhan seperti tempat ibadah, tempat kerja, hingga gudang. Nah, berikut ini langkah yang dapat mempermudah dalam mengaplikasikannya.

Memastikan Ukuran Tinggi Ruang

Konsep Mezzanine ini berada d iantara lantai dan plafon, sehingga tinggi dari ruangan tersebut menjadi pertimbangan yang cukup penting. Jangan sampai konsep ini justru membuat ruangan minimalis Anda semakin terasa sesak. Idealnya untuk dapat mengaplikasikan konsep ini, ruangan harus memiliki tinggi minimal 4 meter.

Tentukan Kegunaannya

Sama halnya dengan ruangan yang lain, sebelum membuat konsep Mezzanine ini Anda harus menentukan akan digunakan sebagai apa nantinya. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan luas dan material apa yang tepat untuk digunakan.

Pilih Material Terbaik

Meskipun Mezzanine merupakan area tambahan, bukan berarti Anda dapat mengesampingkan kualitas material pembangunannya. Pilih material yang berkualitas seperti baja ringan maupun kayu jati agar Mezzanine dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan Terbaik

Karena penempatannya di atas, yaitu dekat dengan bagian atap, Mezzanine ini membutuhkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Hal ini bertujuan agar Mezzanine terasa lebih sejuk dan terang. Anda dapat menambahkan beberapa jendela dan exhaust fan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu dengan watt kecil pada bagian langit untuk pencahayaan.

Sumber : https://www.harianterbit.com/read/117871/Tips-Mengaplikasikan-Mezzanine-untukInterior-Rumah-Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *